DP | :: Daud Pamungkas ::

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home The News How to Read Efectively?

How to Read Efectively?

E-mail Print PDF

Pada umumnya mahasiswa telah memiliki kemampuan dasar membaca. Mereka telah menguasai kosa kata-kosa kata inti dan mampu mengembangkan kosa kata yang diperolehnya itu untuk memahami struktur bahasa yang digunakan dalam bacaan,  memahami ekspresi bahasa tulis. Meskipun demikian, banyak mahasiswa yang mengeluh merasa mendapatkan kesulitan dalam memahami bacaan, mereka tidak dapat memusatkan pikiran pada apa yang mereka baca, atau mereka tidak dapat mengingat apa yang telah mereka baca.


Tampaknya kontradiksi ini dapat dijelaskan bahwa kebanyakan mahasiswa tidak dapat mengembangkan (atau tidak pernah diajari) perlunya membaca dan teknik belajar yang sangat berpengaruh atau dapat mengubah kemampuan dan efektivitas membaca, serta dapat menguasai bahan yang tersaji di dalam buku teks. Selain itu, mereka telah mengembangkan kebiasaan baca yang sesungguhnya menggangu efisiensi kegiatan baca. Tujuan utama bagian buku ini adalah untuk mendiskusikan strategi dan kebiasaan baca yang dapat meningkatkan kemampuan mereka  berkonsentrasi dan untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca-belajar lebih efektif.

Bab 6 menyajikan teknik-teknik untuk mengembangkan tingkat konsentrasi dengan mengeliminasi gangguan  dan memusatkan perhatian pada yang sedang dikerjakan. Bab 7 mendiskusikan kebiasaan yang bersifat fisik dan sikap mental yang berkontribusi terhadap efisiensi membaca. Bab 8 menyajikan teknik prabaca, yang bertujuan menjadikan lebih familiar terhadap isi dan organisasi suatu bab sebelum memulai membaca. Bab 9 menyajikan satu cara yang mudah untuk menjaga agar pikiran terfokus pada apa yang sedang dibaca dan meningkatkan jumlah informasi yang dapat diingat --merumuskan tujuan baca. Bab ini mendeskripsikan bagaimana pembaca dapat menggunakan prosedur itu untuk menetapkan apa yang diinginkan atau maksud kita mempelajari suatu bahan bacaan sebelum mulai membaca.

Last Updated on Saturday, 03 July 2010 00:51